My Favourite Book

Buku – buku tentang kehidupan pendidik :

The Last Lecture

last-lectureBuku yang menceritakan tentang kisah Randy Pausch, dosen ilmu komputer di Carnegie Mellon University. Ia terkena kanker pankreas, dan hidupnya tinggal beberapa bulan saja.

Ia diminta untuk memberikan “kuliah terakhir”, yang anehnya justru berisi tentang kegembiraan dan berharganya hidup. Randy tidak hanya berbicara tentang hal – hal akademis, tapi ia berbicara tentang, keluarga, kasih, mengucap syukur, … Ia berbicara tentang hidup itu sendiri.

Buku ini menolong saya untuk lebih menghargai hidup dan semua orang yang kita kasihi. Buku ini juga menolong melihat sisi lain dari seorang dosen, yang tidak hanya mendidik secara akademis, tetapi mengajarkan nilai – nilai kehidupan.

Tuesday with Morrie

ecdn4616big1Kisah seorang murid yang kembali mengikuti kuliah sorang profesor (Morrie) pada hari – hari terakhir hidupnya, karena sang profesor terkena kanker pankreas. Mereka berjanji untuk bertemu tiap hari Selasa.

Kuliah ini mengajarkan pada sang murid, apa arti kehidupan, makna orang – orang yang berharga, dan segala pembahasan tentang pencarian makna hidup sebenarnya.

Buku ini ditutup dengan meninggalnya sang profesor, namun dengan warisan pengaruh yang tidak akan hilang pada diri si murid.

Buku ini mengajarkan saya bahwa pengaruh “pendidik” itu benar – benar “kekal”. Saya juga belajar menghargai orang tua saya yang terbaring sakit, dan menunjukkan kasih saya kepada orang lain selagi saya bisa.

Teach With Your Heart

teach11Pelajaran pribadi Erin Gruwell, seorang guru bahasa Inggris di SMA, yang dengan kasih, usaha keras, kemurahan hati, dan ketulusan, berusaha untuk menolong murid – muridnya yang “terpinggirkan”.

Erin membuktikan, bahwa jalan hidup seseorang bsia berubah melalui pendidikan. Ia melakukan berbagai metode yang tidak biasa untuk mendekatkan diri dengan muridnya, membangun hubungan di antara mereka, dan akhirnya menumbuhkan tekad untuk mengubah hidup mereka sendiri dan … mengubah dunia!

Kisah Erin (menurut saya) seperti terlalu indah untuk menjadi nyata, tapi itu benar – benar terjadi. Ia mempertemukan anaknya dengan banyak orang penting yang memberi pesan hidup (Steven Spielberg, Miep Gies, Zlata, dll), membawa mereka field trip ke museum, bioskop, Washington DC, bahkan sampai ke negara lain! Dan seterusnya..

Melalui buku ini, saya belajar bahwa tidak ada hal yang lebih bernilai (bagi sorang pendidik) selain memberdayakan murid – muridnya sebaik mungkin. Dalam prestasi akdemis, dan yang lebih penting dalam kehidupan nyata mereka.

NB : fyi, kisah buku ini sudah difilmkan pada 2007 dengan Hillary Swank membintangi Erin Gruwell.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s