Apa untungnya menjadi mahasiswa?

Pertanyaan tersebut muncul saat saya mendapat kesempatan studi lanjut kembali (oleh Tuhan dan pemerintah Indonesia) di usia yang tidak muda lagi🙂. Berikut beberapa pemikiran sederhana saya.

Menjadi mahasiswa (atau pembelajar dalam tahap manapun) memiliki keuntungan besar : kebebasan.

Happy group of students

Mengapa bebas? Saat anda menjadi mahasiswa, anda diberi kebebasan untuk mengelola hidup anda sendiri. Menjadi mahasiswa sebuah PT tentunya sangat berbeda dengan menjadi siswa SMA. Terlebih untuk anda yang tinggal jauh dari orang tua, anda memiliki kebebasan (dan tanggung jawab) untuk mengelola uang, waktu, … hidup anda sendiri. Kebebasan ini agak “menakutkan”, namun jika berhasil dilewati akan memberi pendewasaan yang luar biasa untuk anda.

Hal lain yang sangat berharga ialah anda bebas belajar hal – hal yang anda sukai. Karena itu penting untuk menemukan minat anda sebelum kuliah. Jika anda benar – benar menyukai bidang studi anda, menjadi mahasiswa bisa sangat nikmat. Tiap hari akan menjadi pencarian “harta karun” ilmu pengetahuan yang menyenangkan. Mengetahui hal – hal baru yang anda sendiri tidak bisa bayangkan sebelumnya. Kebebasan ini mungkin akan berhenti saat anda bekerja, karena bisa jadi anda akan mendapat tugas lain dari pimpinan (misalnya tugas – tugas administratif yang hampir selalu ada dalam setiap jenis pekerjaan).

Kebebasan lain yang didapatkan sebagian besar mahasiswa ialah kebebasan untuk tidak menghasilkan uang. Aneh? Tidak juga, karena akan ada waktunya anda harus mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan keluarga anda, sehingga anda tidak bisa bebas melakukan hal – hal yang ingin anda lakukan. Saat menjadi mahasiswa, anda bisa bebas belajar, berkreasi, membangun jaringan, melakukan hobi, dan sederet hal – hal lain yang positif. Karena itu masa – masa ini haruslah anda nikmati, rayakan dan manfaatkan sebaik mungkin.

Jenis kebebasan lain bagi mahasiswa ialah kebebasan waktu. Karena jadwal kuliah yang tidak padat, maka mahasiswa bisa belajar tanpa terikat jam “9 to 5” seperti di kantor. Jika sedang tertarik akan suatu masalah, anda bisa menggelutinya sampai dini hari, dan bangun agak telat keesokan harinya🙂. Hal ini tidak akan bisa anda lakukan setelah selesai menjadi mahasiswa. Saya sendiri bukan orang yang senang terikat waktu, sehingga fleksibilitas ala mahasiswa sangat saya sukai.

Kebebasan terakhir dalam pandangan saya ialah bebas untuk menemukan jati diri anda. Saya pribadi lebih senang dengan istilah bebas menemukan tujuan yang diberikan Pencipta saya untuk diri saya sendiri. Saya bisa banyak merenung, membaca, dan mengeksplorasi diri untuk menemukan hal terbaik yang bisa saya kontribusikan untuk orang lain, bangsa, dan dunia.

Jadi apakah anda merasa untung menjadi mahasiswa?

One thought on “Apa untungnya menjadi mahasiswa?

  1. Ping balik: Technopreneur, Generasi Tumpuan Bangsa | What enterpreneur has done to me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s