Mempersiapkan Mata Kuliah Baru

Semester ini saya akan mengajar Mata Kuliah yang baru di jurusan saya. Apa ya yang harus saya siapkan? Setelah berpikir sejenak, berikut hal – hal yang harus saya siapkan :

1. Mempersiapkan content

Content atau isi adalah “bahan utama” dari suatu Mata Kuliah. Saya sebagai dosen harus menguasai topik MK sebaik mungkin. Saya perlu membaca (dan memahami) topik tersebut dari beberapa buku teks yang ada di perpustakaan. Diskusi dengan kolega dosen ataupun browsing di internet akan membantu pemahaman (dan pendalaman) topik tersebut.

2. Mempersiapkan presentasi

Karena saat ini hampir setiap MK dibawakan melalui presentasi Power Point, hal berikutnya yang harus dilakukan ialah mempersiapkan presentasi. Menterjemahkan pemahaman (dari buku teks) ke dalam presentasi yang baik dan menarik itu tidak mudah. Saya harus mengartikulasikan pemahaman tersebut ke dalam beberapa baris tulisan singkat (plus gambar).  Salah satu catatan saya, lebih baik membuat presentasi sendiri (meski sederhana), daripada menggunakan presentasi orang lain (yang sekarang bisa didapat dengan gampang dari internet).

3. Mempersiapkan metode pembelajaran

Perkuliahan bukanlah ceramah 1 arah dari dosen. Dosen harus makin kreatif untuk membelajarkan mahasiswa. Untuk itu, perlu waktu dan ide untuk membuat mahasiswa mau belajar. Mungkin dengan diskusi yang memancing ide, presentasi dengan topik menarik ataupun membuat project yang aplikatif. Intinya, kita harus menyiapkan metode pembalajaran selain ceramah.

4. Mempersiapkan metode evaluasi

Hal yang berikutnya yang harus disiapkan ialah metode evaluasi. Melakukan evaluasi itu tidak mudah. Saya harus yakin bahwa saya tidak hanya mengamati hasil tetapi proses. Saya juga harus mengusahakan evaluasi sebagai pemberian umpan balik yang mencerdaskan, bukan sekedar ujian yang menegangkan. Apa dan bagaimana evaluasi membutuhkan pemikiran mendalam.

5. Mempersiapkan sharing nilai – nilai kehidupan

Last but not least, saya perlu mempersiapkan nilai – nilai apa yang ingin saya share pada mahasiswa semester depan? Karena dosen bukan hanya memintarkan mahasiswa (sisi kognitif) saja, namun juga harus memuliakan mahasiswa (sisi moral, spiritual). Alangkah sayangnya jika pengajaran kognitif yang hebat tidak dibarengi dengan pemberian nilai – nilai luhur dan kekal dari Sang Pencipta.

Jadi, sudah siap mengajar semester depan?😀

2 thoughts on “Mempersiapkan Mata Kuliah Baru

  1. wahyu

    siip2,,,setuju.semangat mas,,,dan akan lebih bagus lagi klo presentasinya gak cuma gambar ato tulisan,,,mungkin di tambahi dengan animasi gerakkan ato subyek tersebut,,jadi mahasiswa lebih bisa paham secara langsung,tempat nya dipakai dimana,fungsinya buat apa,,dan di kasih masalah2 yang berkaitan dengan dunia industri ato teknologi yang sedang berkembang,,,,hehhee,,sory banyak banget,,,tapi bisa buat referensi,,ya cp tahu besok bisa jadi dosen🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

