Web 2.0 bagi Pendidik – Pendahuluan

Apakah anda seorang pendidik? Guru atau dosen mungkin? Jika iya, apakah Anda sudah memanfaatkan internet sebagai alat untuk membantu proses pembelajaran anak didik Anda? Jika Anda belum melakukannya, mari mulai berpikir untuk menerapkannya!

Internet di era sekarang disebut dengan Web 2.0. Apa artinya? Internet generasi ke dua ini menekankan pentingnya kolaborasi dan interaksi dari pembuat dan pengguna web.

Secara sederhana, hal ini tentu sangat membantu para siswa/mahasiswa untuk belajar lebih baik. Bayangkan jika kapanpun dan dimanapun mereka masih bisa “terhubung” dengan rekan – rekan (maupun guru/dosennya) untuk berdiskusi tentang hal – hal akademis. Wow!

Secara pribadi, saya mulai menyadari pentingnya internet untuk media pembelajaran dengan membuat blog yang berhubungan dengan bidang ilmu saya. Beberapa ulasannya sudah saya sampaikan di posting sebelumnya.

Hal ini berlanjut saat saya menemukan buku bagus berjudul “Web 2.0 – Panduan bagi Para Pendidik” (Penerbit Indeks, 2011). Dari buku itu, saya mendapatkan banyak wawasan bahwa banyak sekali tool di internet yang dapat digunakan untuk membantu anak didik dalam belajar. Blog, Facebook, Twitter, podcast, Wikipedia, adalah beberapa terminologi internet populer yang dibahas dalam buku ini.

Saya berharap bisa membahasnya (disertai dengan pengalaman pribadi) pada posting – posting mendatang.

Happy teaching!

Tinggalkan Balasan

