Apa yang perlu diajarkan kepada mahasiswa?

Besok saya akan mengajar mahasiswa saya kembali di semester yang baru ini. Saya mencoba me-refresh dengan menanyakan :

Apa yang perlu diajarkan kepada mahasiswa?

UNESCO memberikan tujuan belajar sebagai berikut :

  1. Learn to know
  2. Learn to do
  3. Learn to be
  4. Learn to live together

Namun saya mempunyai “perjalanan” saya sendiri untuk menemukan hal tersebut. Mari mundur ke masa lalu.

Dalam benak saya sebagai dosen baru (5 tahun yang lalu), tentunya saya akan memberikan pada mereka ilmu pengetahuan yang saya miliki. Istilahnya mungkin “knowledge transfer”. Pada periode ini, saya berusaha keras untuk menguasai materi, menyiapkan presentasi, merancang kerangka pengajaran, dan lain – lain.

Setelah 1 sampai 2 tahun mengajar, saya melihat bahwa tidak semua ilmu yang saya ajarkan akan berguna di dunia kerja. Sehingga saya mulai mencoba menyesuaikan materi kuliah dengan kebutuhan di dunia kerja. Kadang saya bertanya kepada para alumni senior, kakak tingkat, mantan mahasiswa, untuk mencari tahu apakah ilmu yang saya ajarkan terpakai atau tidak? Memang hal ini tidak mudah, tapi saya terus berusaha untuk melakukannya.

Pada tahun ke 3 sampai 4, saya mendapat pemahaman bahwa mahasiswa tidak hanya butuh ilmu pengetahuan dan keahlian saja (hard skill) melainkan juga harus memiliki sikap dan etos yang baik (soft skill). Banyak ahli berpendapat bahwa kunci keberhasilan seseorang lebih banyak karena ia memiliki soft skill yang baik. Maka saya mencoba memasukkan unsur – unsur : kerja sama tim, tanggung jawab, antusiasme, dll, dalam mata kuliah saya.

Dalam waktu yang bersamaan saya membaca buku Quantum Learning yang banyak sekali mengubah pandangan saya tentang belajar. Bahwa belajar itu menyenangkan. Bahwa belajar itu akan kita gunakan seumur hidup. Bahwa yang terpenting adalah belajar bagaimana kita belajar. Saya juga menjadi memahami pentingnya sikap ilmiah (selalu ingn tahu, kritis, menghargai pendapat orang lain, mengutamakan kebenaran karena fakta, dll) bagi mahasiswa selama menjalani studi di kampus. Jadi itulah yang juga coba saya tanamkan pada mereka.

Demikianlah perjalanan saya dalam mencari apa yang perlu diajarkan kepada mahasiswa. Namun sebenarnya ada 1 hal pokok yang saya sadari sejak awal, bahwa saya sebagai dosen harus menolong mahasiswa untuk lebih mengenal Tuhan. Melalui kata – kata, perbuatan, dan apapun yang bisa saya lakukan (meski sangat sangat berat..). Karena seorang yang pandai, hebat, tidak akan ada artinya jika ia tidak mengenal Tuhan dan berlaku baik pada sesamanya.

That’s my opinion!

Tinggalkan Balasan

