Seharusnya Dosen itu Mengajar…

teach_finished_word

Sebagai seorang pendidik, seharusnyalah dosen dapat mengajar mahasiswanya “dengan baik”.

Apa maksudnya “dengan baik”?

Dalam salah satu tulisan di blognya, Mas Romi (founder ilmukomputer.com) mengatakan bahwa dosen yang mengajar dengan baik ialah dosen yang mengajar dengan “bahasa manusia” atau “bahasa mahasiswa”.  Hal ini berarti tidak cukup seorang dosen menguasai suatu bidang tertentu, namun ia harus mencari cara untuk mengajarkan hal – hal yang rumit menjadi mudah dipahami.

Karenanya, tak pelak lagi dosen harus mempelajari dan menguasai metode pembelajaran yang baik. Apalagi kebanyakan dosen tidak memiliki latar belakang ilmu kependidikan, sehingga hal di atas sangat perlu dikembangkan dan dilatih secara pribadi.

Selain metode mengajar di kelas, yang lebih penting lagi ialah metode membelajarkan mahasiswa. Atau dengan kata lain bagaimana membuat mahasiswa mau belajar sendiri dengan gaya dan keunikannya masing – masing.

Dosen juga perlu memikirkan media – media pembelajaran lain yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi, mulai dari membuat diktat  ataupun buku ajar, mendesain praktikum penyerta kuliah, mengundang ahli dan praktisi dalam kuliah tamu, membawa mahasiswa ke industri melalui studi ekskursi, mengadakan pamaeran/kompetisi bidang keilmuan mahasiswa, dan lain – lain..

Last but not least, dosen harus mengajar (atau lebih tepatnya membelajarkan) nilai – nilai luhur dalam diri mahasiswa. Sehingga mahasiswa menyadari bahwa dirinya adalah mahkluk ciptaan Tuhan yang memiliki tanggung jawab terhadap Sang Pencipta dan seluruh umat manusia.

5 thoughts on “Seharusnya Dosen itu Mengajar…

  1. Govi

    Lama tdk berkunjung ternyata postingannya sdh banyak bgt,

    Memang mengajar dengan baik adalah tantangan berat buat dosen, apa lg mahasiswanya kayak saya yg sering lupa-lupa ingat he..he..he.. hrs dikasi formula kusus biar bisa ingat terus…

    Salam sukses kawan

    Balas
  2. Tauhid

    ass/. . . . .
    lam kenal sam/pak.

    Mksih atas postingannya yang begitu banyak,, sehingga bs menambh inspirasi ku,,

    ai laik it, thanks mas

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s