Manfaat blog untuk pembelajaran semua orang

Anda tahu blog? BLOG alias weBLOG (catatan di web) sudah sangat populer di dunia maya sebagai media bagi setiap orang untuk menuliskan sesuatu di internet dengan sangat mudah. Dan seterusnya (anda pasti sudah jauh lebih tahu🙂 )..

typing

Jadi apa hubungan blog dengan pembelajaran? Bukankah blog hanya media curhat saja? Memindahkan buku harian ke web? Menurut saya bukan hanya itu.

Saya pribadi sering mendorong teman – teman atau mahasiswa saya untuk memulai nge-blog karena beberapa alasan berikut :

1. Merekam “perjalanan intelektual”

Mena Trott, pendiri situs MovableType.com – salah seorang yang mempopulerkan blog di dunia maya, mengatakan bahwa blog sangat bermanfaat untuk menjadi “catatan harian” dalam perjalanan hidup kita. Sedih, senang, semua perasaan bisa kita tuliskan dengan bebas di blog.

Lebih jauh lagi, sebagai seseorang yang terus belajar, tentu baik jika kita memiliki jurnal untuk mencatat perkembangan intelektual kita (dan membagikannya pada orang lain). Mungkin saat pertama kali belajar programming? Saat semalaman membuat robot pencari cahaya? Apapun progress yang Anda peroleh, bisa anda catat dan bagikan kepada orang lain.

2. Melatih kemampuan menulis

Menulis (seperti Anda tahu) bukanlah hal yang mudah. Jangankan menghasilkan sebuah tulisan yang memikat dan menggugah pembaca, memaparkan fakta dengan bahasa Indonesia yang terstruktur saja banyak di antara kita yang belum bisa (saya sendiri masih terus belajar🙂 ). Dan cara yang terampuh ialah berlatih dan berlatih.

Dengan menulis di blog pribadi, kita tidak merasa takut salah, dan bebas berkspresi. Paling – paling kalau salah diberi comment yang negatif, itupun comment-nya bisa difilter dulu, sehingga tidak langsung keluar. Sehingga kemungkinan kita untuk “terhina” dan merasa rendah diri akan sangat berkurang.

Juga karena ada ribuan orang yang (mungkin) membaca tulisan kita, jadi proses menulis kita menulis menjadi lebih “worthed” alias layak, karena ada orang – orang yang mau membaca tulisan kita. Saya sendiri memulai blog pertama saya (http://learnautomation.wordpress.com) dengan 100-an hits sampai menjadi 1500-an hits per bulan. Bukan jumlah yang banyak, tapi kalau kita tahu ada 150 orang yang membaca tulisan kita (asumsi 1 orang melakukan 10 kali klik dalam 1 bulan), bukankah kita akan bersemangat?

3. Memperbaiki pemahaman kita tentang topik ilmu tertentu

Saat kita “berani” menulis tentang suatu topik ilmu, tentunya kita tidak menulis dengan sembarangan karena “dunia” akan membacanya! Sehingga mungkin kita kembali meneliti bagian – bagian tertentu yang kita masih belum yakin. Mungkin juga kita merasa ada hal – hal yang mungkin tidak jelas bagi kita (dan pembaca) sehingga kita melakukan penambahan di sana – sini. Hal ini tentunya akan berujung pada perbaikan pemahaman kita sendiri.

Selain itu, sering kali di luar sana banyak “orang hebat” yang mungkin membaca blog kita, dan ada kalanya mereka memberi comment yang sangat berharga untuk kita. Otomatis pemahaman kita akan di-improve lagi.

4. Bertemu dan bertukar pikiran dengan orang – orang yang se-ide

Salah satu hal yang (entah kenapa) menyenangkan ialah saat ada orang dengan ide, pemikiran, profesi tertentu yang ternyata sama dengan yang kita miliki. Saat mereka memberi komentar (baik, buruk, tajam, santai, mengapresiasi, complain), atau menulis hal – hal serupa di blog mereka, rasanya menyenangkan jika punya teman – teman yang “seide” seperti itu. Sekalipun kita tidak kenal mereka secara langung. Mungkin ini yang disebut “keajaiban blogging”🙂

Demikian beberapa pemikiran saya, semoga makin memperkuat keinginan kita untuk nge-blog🙂.

Catatan buat teman – teman dosen saya : blog juga bisa dibuat temapt upload file saat e-learning kampus lagi down atau di-hack orang🙂

One thought on “Manfaat blog untuk pembelajaran semua orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s