Meaningful Learning – belajar dari Larry Page & Sergey Brin

larry-page-sergey-brin-hedcutPengantar : posting ini berbicara tentang bagaimana menemukan “makna” (meaning) dalam belajar, sekaligus belajar dari Larry Page & Sergey Brin (foto di sebelah kanan). Take a sit and enjoy!

Dalam proses belajar saya, kadang – kadang saya merasa jenuh, tidak bersemangat dan tidak tertarik lagi dengan bidang – bidang yang biasanya sangat menarik perhatian saya. Saya kehilangan kepuasan dalam belajar, tidak menemukan kenikmatan dalam melalui prosesnya.

Mengapa?

Saya kehilangan makna

Saat saya tidak menyadari untuk apa saya belajar (atau mengerjakan apapun), maka semangat, gairah dan antusiasme saya langsung terjun bebas.. Jadi, makna seperti apa yang saya (atau mungkin Anda) cari dan ingin temukan?

tefl

Diakui atau tidak, (menurut saya) manusia terlahir dengan keinginan untuk menjadi bermakna dan memiliki arti penting bagi orang lain (kalau bisa bagi dunia🙂.. ). Jadi makna di sini berkenaan dengan sesuatu yang lebih besar (atau lebih kekal) dari diri kita sendiri.

Dalam “Google Story”, dikisahkan bahwa Sergey Brin & Larry Page (2 pencipta Google) memiliki motivasi untuk membantu setiap orang memiliki pengalaman “searching” di internet dengan cepat dan tepat. Uang bukanlah motivasi utama (melainkan produk sampingan) mereka. Motivasi tersebut mendorong mereka untuk melewati masa kekurangan dana, bekerja keras terus menerus, untuk menciptakan “search engine” terbaik di dunia.

larry-page-sergey-brin

Kembali ke masalah saya🙂, saya mengamati jika motivasi saya untuk melakukan proses belajar atau bekerja hanya karena alasan – alasan semu berikut :

  • Mendapatkan uang lebih banyak
  • Mendapatkan posisi lebih tinggi
  • Supaya disukai orang lain
  • Menjadi lebih populer
  • Dll

Biasanya saya cenderung tidak bersemangat, dan mengerjakan segala sesuatu dengan ala kadarnya saja. Tidak memberikan yang terbaik.

Jadi makna seperti apa yang saya dambakan atau cari?

  • Menyenangkan Pencipta saya
  • Melayani & memberdayakan orang lain
  • Membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk kita tinggali🙂

Well, saya tidak ingin munafik dengan mengatakan saya tidak butuh uang (juga status), namun seperti Sergey dan Larry, biarlah itu menjadi produk sampingan. Dan biarlah saya puas dengan “makna kekal” yang saya pelajari dan nikmati.

Semoga!

5 thoughts on “Meaningful Learning – belajar dari Larry Page & Sergey Brin

  1. Hady Susanto

    Sangat menarik sekali Pak Handy🙂

    Dengan berbagai alasan semu spt yang dikemukakan, kita belajar dan bekerja seakan – akan merasa tertekan, tidak menikmati proses belajar dan bekerja itu sendiri, kurang nyaman dan lebih lebih akan membuat kita stres.

    Terima kasih Pak, tulisan ini memberikan inspirasi buat saya

    23400016

    Balas
    1. handyw Penulis Tulisan

      Halo Hady.. Syukur deh kalau tulisan ini membawa manfaat..
      Btw, maaf kalau sudah agak lupa dengan wajahnya Hady ya..🙂. Maklum mahasiswa Elektro kan buanyakk..
      Sukses selalu ya..

      Balas

Tinggalkan Balasan

