Peran Dosen dalam Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat

Sebagai dosen, saya sering bertanya – tanya dalam hati apa peran dosen sebenarnya? Hal tersebut dapat ditelusuri dari Tri Dharma PT, yaitu :

  1. Pendidikan dan pengajaran
  2. Penelitian
  3. Pengabdian pada masyarakat

Jadi, dosen di PT selain mengajar mahasiswa, harus terus mengembangkan ilmunya melalui penelitian, dan menerapkan hasil penelitian tersebut melalui pengabdian pada masyarakat. Berarti seorang dosen harus bertindak sebagai :

  1. Pengajar. Dosen bukan hanya menguasai materi, namun juga dapat mengajarkannya pada orang lain dengan metode yang baik. Menurut saya, dosen juga tidak hanya mengajarkan hal – hal keilmuan pada mahasiswa, namun juga sikap – sikap yang benar dalam menempuh kehidupan yang sementara ini.
  2. Peneliti. Dosen harus meneliti untuk mengembangkan keilmuannya. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga merupakan bentuk tanggung jawab terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Sikap haus belajar dan selalu ingin tahu sangat diperlukan dosen untuk maju dan berkembang. Di PT luar negeri, sudah lazim bahwa sebagian besar penelitian terbaru muncul dari kampus, bukan industri atau tempat lain.
  3. Pelayan masyarakat. Dosen tidak cukup hanya tinggal di “menara gading” PT, namun juga harus mau membumi dengan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sebagai tanggung jawab moral dan sosial terhadap masyarakat, dosen harus mau memberikan ilmu yang ia miliki untuk kepentingan orang banyak.

Pertanyaan saya berikutnya ialah apakah ketiga peran di atas memang saling berhubungan? Saat saya mengikuti sebuah lokakarya, saya mendapatkan skema berikut dari presentasi Pak Tjipto Haryono (Unesa).

tri-dharma-pt1

Dari penjelasan di atas, cukup jelas mengapa seorang dosen perlu melakukan ketiganya dalam profesinya. Dengan penelitian, seorang dosen akan memperkaya khasanah ilmu, dengan pengabdian masyarakat dosen bisa menjadi penggerak pembangunan, dan seterusnya..

Akhir kata, semoga para dosen (termasuk saya), makin sungguh – sungguh menjalankan peran di atas sebaik mungkin.

Semoga..

One thought on “Peran Dosen dalam Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat

  1. dito

    pengembangan penelitian yang seharusnya emang harus bisa ditingkatkan lagi tanpa henti oleh dosen. manakala seorang dosen hanya bisa memberikan teori saja dan tidak mau melakukan penelitian dan abdimas. pertanyaannya; apa yang sebaiknya dilakukan oleh mahasiswa untuk mempercayai semua pernyataan/pengajaran yang diberikan…?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s