Asyiknya belajar dari orang lain!

Apakah Anda pernah merasa buntu saat belajar sendiri? Seperti kehilangan motivasi, semangat, dan ide – ide baru? Well, saya baru saja mengalaminya dengan pengerjaan thesis saya. Rasanya tidak ada gairah untuk menyentuh dan mengeksplorasi topik tersebut (tentang robot learning).

Namun hari ini saya mendapat suntikan semangat baru..

Bagaimana caranya? Ternyata salah satu cara yang ampuh untuk mengusir kebosanan dan mood yang buruk adalah BERDISKUSI (dan SALING BELAJAR) dengan ORANG LAIN yang memiliki minat yang sama dengan kita!

Saat teman saya ini menceritakan pengalaman, eksplorasi, kesenangan, kesedihan, dll saat dia sedang mengeksplorasi topik yang sama, secara tidak sadar, minat dan gairah saya pun muncul kembali. Saya seperti tersadar, “ternyata ada juga orang yang mati – matian mempelajari hal ini, bahkan mungkin lebih dari saya..”

Selanjutnya saya juga tertantang untuk bisa menyamai (bersyukur kalau bisa melebihi – berkompetisi sehat) teman saya ini. Saya juga menjadi punya ide – ide baru, baik yang muncul dari dia, maupun yang tiba – tiba muncul di kepala saya. Mungkin itu kenapa proses curah pendapat di sebut dengan “brain-storming”, dimana isi otak kita itu harus ada badainya dulu sehingga mampu berpikir kreatifšŸ™‚.

Jadi mulai sekarang, kalau mengalami “mentok” dalam belajar, jangan stres dan langsung mundur. Coba cari teman – teman yang memiliki minat yang sama (dan bersemangat mengejarnya), niscaya Anda akan mendapat semangat baru!

Tinggalkan Balasan

