Pengalaman belajar saya..

Sejak kecil, saya (nggak tahu kenapa) senang belajar. Mungkin karena orang tua saya getol sekali mengajar saya membaca, walhasil sedari TK saya sudah bisa membaca (pengalaman pertam : saya membaca pidato perpisahan TK dan sukses membuat para ibu menangis🙂 ).

Next, papa dan (almh.) mama saya hampir selalu memberikan oleh – oleh buku bacaan saat mereka pergi ke luar kota (maklum saya tinggal di Trenggalek yang “tidak ada” toko bukunya). Jadi komik – komik superhero dari dalam negeri (Gundala, Godam, Sabu, dll) dan luar negeri (Batman, Hawkman, Superman, Voltus, dll), komik – komik wayang (waktu itu seru sekali!), juga beberapa novel Trio Detektif sempat saya baca. Well, untuk ukuran anak desa seperti saya, it’s good enough.

Saat mulai SD, orang tua sering minta saya untuk menjaga toko jamu di depan rumah kami. Biasanya saya bawa buku sekolah dan mengerjakan PR sambil memberi kembalian. Saat akan ujian, biasanya Papa saya selalu membangunkan saya jam 4 atau setengah 5 pagi, membuatkan teh hangat dan menyiapkan sebaskom air (untuk menyeka wajah supaya nggak ngantuk🙂 – thank’s pa). Dan saya belajar..

Saat SMP dan SMA, saya mulai mengenal Alkitab. Tidak tahu kenapa, saya merasa lebih tenang jika membaca Alkitab dulu sebelum belajar (gak boong lho). Akhir – akhir ini baru saya sadari bahwa teori pembelajaran menyatakan kalau kita belajar paling baik saat kondisi hati kita tenang. Wow, that’s a great thing..

Jadilah saya senang belajar (kalo tidak at least senang membaca). Meski prestasi saya bukan yang terbaik, tapi saya menikmati proses belajar (meski juga belum optimal sekali), dan berani mengatakan “saya senang belajar!”.

Jadi, bagaimana pengalaman belajar Anda?

Tinggalkan Balasan

