Cara belajar paling baik!

Bagaimanakah cara belajar paling baik?

Tentu setiap kita punya jawaban dengan versi masing – masing. Menurut saya, cara belajar yang baik adalah dengan membaca dan memahami buku atau sumber belajar yang lain. Standard ya..

Namun ada cara yang lebih baik lagi, yaitu dengan menuliskan ulang dengan bahasa sendiri (membuat resume) artikel atau buku yang sedang kita pelajari. Karena dengan membuat resume, kita akan menemukan ide pokok, benang merah, bahkan pengembangan – pengembangan ide yang disampaikan sang penulis. Hal tersebut juga baik sebagai bahan rekaman milik kita, yang bisa diputar ulang setiap saat. Saya sendiri sering kecewa saat kehilangan pengertian inti dari sumber belajar yang pernah saya mengerti sebelumnya.

Tapi masih ada satu lagi cara yang lebih baik. Dan menurut saya ini yang terbaik. Apakah itu?

Cara yang terbaik ialah mengajarkannya kembali pada orang lain. Apalagi jika Anda membuatkan semacam presentasi untuk orang tersebut. Dengan cara ini Anda bukan saja mengekstrak pengetahuan dan menuliskannya, namun juga membuatnya mudah dipahami orang lain (untuk melakukan ini Anda harus benar – benar paham, tidak bisa kulitnya saja). Hal lain adalah Anda harus siap menjawab jika muncul pertanyaan – pertanyaan dari sudut pandang orang lain yang tidak (akan) pernah muncul dari benak Anda sendiri.

Itu sebabnya, (menurut saya) profesi sebagai pengajar sangat menolong si pengajar itu sendiri untuk semakin memahami suatu topik, ya karena pertanyaan – pertanyaan yang memperkaya dari para murid. Semakin kreatif dan pintar murid, (harusnya) sang pengajar makin senang dan tertantang.

Saya sendiri ingat pengalaman saat menjadi asisten laboratorium, pertanyaan – pertanyaan para mahasiswa saya (mau tidak mau) membuat saya berpikir ulang tentang suatu topik (saat itu tentang kontroler PID). Dan saat itulah saya dapatkan pemahaman yang jauh lebih dalam tentang topik tersebut.

Pengalaman lain ialah saat belajar Firman Allah, Alkitab (saya seorang Kristen). Pemahaman dan keingintahuan saya makin bertambah dengan berdiskusi dan menjawab pertanyaan adik – adik yang saya bimbing.

Wow!

“The best way to learning something is teaching it to someone” – Handy🙂

Tinggalkan Balasan

